PERBEDAAN BAHAN BAKAR BENSIN DAN DIESEL PADA MOBIL FORTUNER



METODOLOGI PENELITIAN


LATAR BELAKANG


     Proses pengambilan keputusan dalam membeli merupakan proses pemecahan masalah oleh konsumen mengenai produk atau jasa yang hendak dibeli dengan cara memilih perilaku yang ingin ditampilkan melalui tahapan-tahapan pembelian. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan dalam membeli adalah promosi dan produk. Keputusan Pembelian yang dilakukan konsumen akan mencakup pertimbangan berbagai aspek. Pada umumnya konsentrasi pemasaran lebih diarahkan pada keputusan tentang pemilihan alternatif terhadap merek tertentu. Hal ini disebabkan strategi pemasaran seringkali dikembangkan bagi pencapain target untuk merek produk tertentu.

     Menurut Philip kotler mengemukakan, Konsumen mempelajari merek-merek yang tersedia dan ciri-cirinya. Informasi ini digunakan untuk mengevaluasi semua alternatif yang ada dalam menentukan keputusan pembeliannya (1998:170). Di Indonesia banyak sekali produsen yang menawarkan berbagai merk mobil dan Permintaan masyarakat terhadap mobil terus mengalami peningkatan, hal ini memberikan peluang bagi para produsen mobil untuk melakukan inovasi dari produk yang dihasilkannya. Setiap produsen selalu memproduksi mobil dengan desain-desain yang terbaru sesuai dengan keinginan konsumen. Jenis mobil yang sangat digemari konsumen selama ini adalah jenis mobil berbahan bakar bensin dan diesel. Kali ini saya akan memberikan perbedaan mobil berbahan bakar diesel maupun bensin pada mobil fortuner

PERBEDAAN BAHAN BAKAR BENSIN DAN DIESEL PADA MOBIL FORTUNER
     Toyota Fortuner mulai resmi diperkenalkan di Indonesia pertama kali tahun 2005 di ajang Jakarta International Motor Show. Pada awalnya mobil ini dirakit di Thailand dan diimpor utuh (Completely Built Up) oleh Toyota Astra Motor (TAM) namun sejak 2006, produksi sudah dilakukan di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), baik untuk kebutuhan pasar domestik maupun ekspor.

      Toyota Fortuner menjadi andalan Toyota untuk pasar eksport ke berbagai daerah seperti di Timur Tengah antar lain negara Qatar, Uni Emirat Arab, Yordania, Lebanon, Oman, Kuwait, Bahrain, dan Yaman, di samping negara lain di luar Timur Tengah, seperti Filipina, Nigeria, dan Ghana. Pada awal Januari Fortuner telah di eksport sebanyak 4.400 unit, hingga kuartal pertama 2015 total sudah di eksport sebanyak 8.600 unit. Pada awal tahun 2015 Toyota Fortuner berhasil menjadi juara di kelas SUV dengan total penjualan mencapai 1.138 unit.

     Selain tangguh, cocok untuk perkotaan, dan bisa berfungsi sebagai mobil keluarga, SUV harus mempunyai mesin bandel sebagai salah satu kriteria penting. Namun konsumen acap bingung memilih, jenis jantung pacu mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

     Pada dasarnya masing-masing tipe mesin punya keunggulan dan kekurangan. Tidak ada yang perlu diperdebatkan, karena semua kembali kepada selera dan kebutuhan pengguna.

     Di berbagai literatur, rata-rata disebutkan mesin bensin lebih halus (tidak banyak getaran) dan kencang. Sementara mesin diesel lebih irit dan kuat, terutama dipakai untuk mendaki. Meski demikian, produsen sudah mempertimbangkan antara bodi, bobot, dan tenaga mesin.

      Seperti yang dilakukan PT Toyota Astra Motor (TAM) saat memberikan pilihan mesin bensin dan diesel pada SUV andalan mereka, Fortuner. Karakternya memang berbeda, namun tujuannya sama, memberikan tenaga yang cukup untuk masing-masing karakter.

      Dua pilihan itu adalah Fortuner 2.7 VVT-i A/T (bensin) dengan kode 2TR-FE, serta Fortuner 2.5 D-4D A/T (diesel) dengan kode 2 KD-FTV. Tipe mesin bensinnya adalah empat silinder segaris, 16 katup, DOHC. Sementara mesin diesel 4 silinder segaris 16 katup dengan turbo serta intercooler (VNT).


KINERJA MOBIL FORTUNER BERBAHAN BAKAR DIESEL

      Mulai dari Toyota Fortuner diesel. Ia menggunakan generasi baru unit diesel Toyota. Memiliki kapasitas mesin 2.393 cc 4 silinder plus turbo variabel, direct injection, dan intercooler. Ia sanggup memompa tenaga 150 dk di 3.400 rpm dan torsi istimewa 400 Nm di 1.600-2.000 rpm. Tidak ada lagi transmisi matik 4-speed dan digantikan matik 6-speed.



KINERJA MOBIL FORTUNER BERBAHAN BAKAR BENSIN

      Sedangkan Fortuner bensin tetap memakai mesin 2TR-FE 2.649 cc 4 silinder, tapi sudah Dual VVT-i. Memang tenaganya tetap 160 dk, namun memiliki kurva tenaga lebih berisi. Pun tenaga puncak diraih di 5.200 rpm. Torsinya moderat sekitar 242 Nm. Transmisinya sama yakni 6 speed otomatis.


KELEBIHAN MESIN BENSIN


1. Mesin lebih responsive dan tingkat polusi rendah

2. Suara mesin halus, hamper gak kerasa getaran dan suarannya dari mulai start kunci, sampai jalan

3. Spek mesin gampang dibaca, jadi gak susah deteksi kerusakan dimana

4. Model model mobil bbensin banyak yang lebih kece dibandingkan mesin diesel


KELEMAHAN MESIN BENSIN

1. Torsi maksimal baru mampu diperoeh diputaran mesin tinggi

2. Rentan banjir, soalnya mesin bensin ini pasti banyak pake komponen kelistrikan yang tentu sensi banget sama air. Contohnya busi, ECU, dan kelistrikan laennya

3. Lebih gampang meledak. Ya walaupun jarang banget kasusnya, tapi ini juga lumayan gampang kebakar

4. Bahan bakar mahal, mobil baru mengharuskan untuk menggunakan bensin yang beroktan tinggi diatas 90. Dan bakalan bikin mesin knocking klo keseringan pake bensin beroktan dibawah 90. Dan bensin dengan oktan 90 itu harganya udah pasti lebih mahal. Mengingat premiumnya pertamina aja Cuma punya oktan 88


KELEBIHAN MESIN DEISEL



1. Dalam hal keekonomisan bahan bakar, mesin diesel berada di atas mesin bensin.Mesin diesel umumnya memberikan 25 hingga 30 persen jarak tempuh bahan bakar lebih baik dibandingkan mesin bensin. Mesin diesel juga dapat memberikan penghematan bahan bakar sebanyak atau lebih dari hibrida bensin-listrik tradisional, tergantung pada model dan perkembangan teknologi otomotif yang telah dicapai.

2. Mesin diesel tidak memerlukan busi. Oleh karena itu meniadakan perawatan dan penggantian bagian pengapian.

3. Mesin diesel umumnya dibangun lebih kuat untuk menahan kompresi yang lebih tinggi.

4. Mesin diesel dikenal memiliki torsi lebih besar dibandingkan mesin bensin.

5. Torsi yang lebih tinggi berarti kenyamanan yang lebih baik terutama jika harus melibas medan-medan berat.


KELEMAHAN DIESEL

1. Meskipun solar dianggap lebih efisien karena mengubah panas menjadi energi, alih-alih membuangnya keluar knalpot seperti mesin bensin, dalam hal akselerasi, mesin diesel kalah dibandingkan mesin bensin.

2. Mesin diesel masih perlu perawatan rutin untuk menjaga kondisinya tetap baik. Anda harus mengganti oli dan filter bahan bakar.

3. Jika mengabaikan pemeliharaan dan sistem injeksi bahan bakar rusak, Anda mungkin harus membayar lebih banyak untuk menggantinya dibandingkan mesin bensin karena mesin diesel umumnya memiliki teknologi yang lebih maju.




KESIMPULAN


      Mesin diesel dan mesin bensin memiliki karakter berbeda. Bensin lebih diperuntungkan didalam kota dimana medan sudah tertata rapih dan “nyaman” sedangkan diesel terlahir untuk bekerja keras dan kurang nyaman. Namun mesin diesel perlahan tapi pasti mulai memakan porsi keunggulan mesin bensin pada beberapa poin diatas. 

      Kelahiran line-up mesin diesel dalam keluarga Toyota fortuner yang dulunya hanya “peduli” pada mesin bensin menjadi bukti tak terpungkiri bahwa sudah saatnya teknologi mesin diesel unjuk gigi. Bukannya omong kosong tahta “rajanya diesel” mulai diperebutkan padahal dulu Toyota pun “tidak terlalu peduli” pada si macan hitam



ALFIAN PRILIAMBODO
3IC08
20414812
UNIVERSITAS GUNADARMA


Sumber : 
http://www.asuransikendaraan.net
http://ceritanugros.blogspot.co.id

Senin, 26 September 2016

0 komentar:

Copyright © 2018 WELCOME BLOG ALFIAN PRILIAMBODO