ANALISA PERBANDINGAN KENALPOT RACING DAN KENALPOT STANDAR

ANALISA PERBANDINGAN KENALPOT RACING DAN KENALPOT STANDAR

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta  karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan metodologi ini yang Alhamdulillah tepat pada waktunya, yang berjudul “Analisa Perbandingan Kenalpot Racing dan Kenalpot Standar”.
       Diharapkan Metodologi ini dapat memberikan informasi dan menambah wawasan pengetahuan kepada kita semua tentang teknik mesin. Saya menyadari bahwa metodologi ini masih jauh dari sempurna, Sehubungan dengan hal ini, kritik dan saran dari para pembaca yang bersifat membangun tentu saya harapkan demi sempurnanya makalah ini.
       Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan metodologi ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah senantiasa Meridhoi segala usaha kita. AMIN.

TUJUAN PEMBUATAN METODOLOGI
1.  Agar kita bisa mengetahui perbandingan knalpot racing dan kenalpot biasa pada kendaraan bermotor.?
2.  Menambah pengetahuan untuk kita dalam memahami knalpot racing dan kenalpot biasa?
3. Agar kita  bias mengetahuii kekurangan dan kelebihan dari  kenalpot racing dan kennalpot biasa pada kendaraan bermootor?


PEMBAHASAN

       Pengertian Knalpot Sepeda Motor menurut wikipedia adalah salah satu sistem pembuangan pada semua Jenis Sepeda Motor baik Jenis Motor Matic atau Transmisi Gigi yg berfungsi untuk membuang suatu sisa hasil pembakaran pd Mesin Sepeda Motor dalam pembakarannya dan Sistem Pembuangan ini atau Knalpot Sepeda Motor memiliki beberapa Komponen yg paling minim terdiri dari satu pipa pembuangan dengan komponen utama adalah Kepala Silinder Knalpot, Exhaust Manifold dan pipa untuk mengalirkan gas hasil pembakaran mesin yg dikeluarkan ke luar.
      Adapun untuk Jenis Knalpot Sepeda Motor sendiri sudah banyak sekali tersebar dan banyak pilihannya yg khususnya di Indonesia, hanya saja Masyarakat Umum baik para Orang Tua, Dewasa, Remaja dan Anak Anak pengguna Sepeda Motor tidak mengetahui lebih Jelas tentang Keutamaan Knalpot Sepeda Motor dan Fungsi Knalpot Sepeda Motor yg terpasangkan di setiap produk Sepeda Motor Mereka. Hal ini tentunya perlu diulas karena jika semakin banyak Masyarakat umum yg mengetahui tentang Fungsi Knalpot Sepeda Motor lebih jelas maka mereka akan mencoba menghargai Jenis Knalpot Sepeda Motor ini, paling tidak mereka tidak mengganti Jenis Knalpot Sepeda Motor yg sudah ada untuk dimodifikasi yg lebih aneh lg.
        Desain saluran pembuangan dirancang untuk menyalurkan gas hasil pembakaran mesin ketempat yang aman bagi pengguna mesin. Gas hasil pembakaran umumnya panas, untuk itu saluran pembuangan harus tahan panas dan cepat melepaskan panas. Saluran pembuangan tidak boleh melewati atau berdekatan dengan material yang mudah terbakar atau mudah rusak karena panas. Meskipun tampak sederhana, desain sistem pembuangan cukup berpengaruh terhadap performa mesin. 


Umumnya komponen dalam sistem pembuangan terdiri dari :
1. Kepala silinder, di mana pipa pembuangan dimulai, kecuali pada mesin dua langkah di mana saluran pembuangan ditempatkan dibagian bawah dinding silender.

2. Exhaust manifold atau exhaust header, di mana pipa dari beberapa ruang bakar/silinder bergabung.

3. Catalytic converter untuk menurunkan kadar gas beracun, CO, HC dan NOx


4. Knalpot, pipa untuk mengalirkan gas hasil pembakaran.

5. Peredam suara atau disebut juga muffler, yang berfungsi untuk meredam suara. Pada sepeda motor, peredam bunyi ada di dalam knalpot sedangkan pada mobil umumnya terlihat dengan jelas berupa tabung sebelum ujung pipa pembuangan



Kelebihan kenalpot Racing

1. Tenaga yang otomatis terdongkrak, performa motor jadi lebih mantab baik diputaran bawah sampai atas (utamanya atas mantab banget bos.
2. Sebagai speaker dari deru mesin 2 silinder yang terdengar merdu, apalagi waktu rpm tinggi bikin ketagihan betot gas hehe.
3. Suara yang keras bikin para pengendara motor lain waspada. Apalagi knalpot ini kenceng banget suaranya jadi ya pasti pengendara motor lain waspada.

Kekurangan Kenalpot Racing

1. Suara yang berisik bikin saya agak sungkan kalau naik motor. Nggak enak sama pengendara lain, apalagi sama tetangga kalau saya pas pulang malam.
2. Bisa kena Pak Polisi kalau didaerah saya, soalnya ada oprasi zebra, musimnya razia.
           

Kelebihan Kenalpot Standar

1. Suara yang kalem bikin nyaman riding karena nggak jadi perhatian waktu jalan (mau nggak mau kalau pakai knalpot racing pasti jadi pehatian soalnya kedengar suaranya dulu. Nggak sungkan sama pengendara lain dan terutama tetangga (maklum rumah di kampung mepet-mepet *nggak ada jarak antar rumah). Bisa ngobrol santai nggak perlu teriak-teriak kalau lagi bawa boncenger atau pas riding bareng teman.
2. Bebas razia, asal nggak ngelanggar lalu lintas dan komponen lainnya lengkap ya

Kekurangan Kenalpot Standar

1. Tenaga yang berkurang dibandingkan dengan memakai knalpot racing.
2. Deru mesin  silinder nggak kedengaran, bisa kedengaran kalau motornya di dekatin itupun nggak merdu beda sama knalpot racing.
3. Karena knalpot standar yang kelewatan senyap jadi ya bikin pengendara-pengendara lain nggak waspada apalagi body motor ini cukup besar. Pernah kejadian waktu saya mendahului motor lewat jalur kanan. Pas saya tepat di samping kanannya eh motornya ikut ke kanan juga mau nyalip pengendara didepannya. Untung dari arah berlawanan sepi kendaraan coba kalau rame ya nggak tau deh gimana.

KESIMPULAN
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa untuk harian saya prefer ke knalpot standar, karena kesannya nggak mendominasi dijalan dan emang lebih ramah di telinga sendiri maupun pengendara lain. Tapi kalau pakai knalpot standar harus lebih waspada, dikarenakan suara yang senyap pengendara lain kadang nggak aware sama keberadaan kita. Untuk touring atau perjalanan jauh saya lebih prefer ke knalpot racing, karena suaranya yang bikin waspada pengendara lain. Apalagi musuhnya kan kendaraan-kendaraan besar gitu. Oh iya juga karena mendongkrak power biar lebih responsif walaupun konsekuensi bakal lebih boros.

Nah kalau mau pakai knalpot racing buat harian, cari saja knalpot racing yang nggak terlalu berisik  banyak kok. Jujur saya sebagai pengendara bakal kesel kalau dengar suara knalpot yang berisik banget, nggak enak didengar pula. Apalagi kalau naiknya ugal-ugalan.

NAMA : ALFIAN PRILIAMBODO
KELAS : 3IC08
NPM : 20414812
UNIVERSITAS GUNADARMA

Sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pembuangan
oto.detik.com

Selasa, 11 Oktober 2016

0 komentar:

Copyright © 2018 WELCOME BLOG ALFIAN PRILIAMBODO