ANALISA PERBANDINGAN KENALPOT RACING DAN KENALPOT STANDAR
ANALISA
PERBANDINGAN KENALPOT RACING DAN KENALPOT STANDAR
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
rahmat serta karunia-Nya kepada saya
sehingga saya berhasil menyelesaikan metodologi ini yang Alhamdulillah tepat
pada waktunya, yang berjudul “Analisa Perbandingan Kenalpot Racing dan Kenalpot
Standar”.
Diharapkan Metodologi ini dapat
memberikan informasi dan menambah wawasan pengetahuan kepada kita semua tentang
teknik mesin. Saya menyadari bahwa metodologi ini masih jauh dari sempurna,
Sehubungan dengan hal ini, kritik dan saran dari para pembaca yang bersifat
membangun tentu saya harapkan demi sempurnanya makalah ini.
Akhir kata, saya sampaikan terima kasih
kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan metodologi ini
dari awal sampai akhir. Semoga Allah senantiasa Meridhoi segala usaha kita.
AMIN.
TUJUAN
PEMBUATAN METODOLOGI
1. Agar kita bisa mengetahui perbandingan
knalpot racing dan kenalpot biasa pada kendaraan bermotor.?
2. Menambah pengetahuan untuk kita dalam
memahami knalpot racing dan kenalpot biasa?
3. Agar
kita bias mengetahuii kekurangan dan
kelebihan dari kenalpot racing dan
kennalpot biasa pada kendaraan bermootor?
PEMBAHASAN
Pengertian Knalpot Sepeda Motor menurut wikipedia adalah salah satu sistem pembuangan pada semua Jenis Sepeda Motor baik Jenis Motor Matic atau Transmisi Gigi yg berfungsi untuk membuang suatu sisa hasil pembakaran pd Mesin Sepeda Motor dalam pembakarannya dan Sistem Pembuangan ini atau Knalpot Sepeda Motor memiliki beberapa Komponen yg paling minim terdiri dari satu pipa pembuangan dengan komponen utama adalah Kepala Silinder Knalpot, Exhaust Manifold dan pipa untuk mengalirkan gas hasil pembakaran mesin yg dikeluarkan ke luar.
Adapun untuk Jenis Knalpot Sepeda Motor sendiri sudah banyak sekali tersebar dan banyak pilihannya yg khususnya di Indonesia, hanya saja Masyarakat Umum baik para Orang Tua, Dewasa, Remaja dan Anak Anak pengguna Sepeda Motor tidak mengetahui lebih Jelas tentang Keutamaan Knalpot Sepeda Motor dan Fungsi Knalpot Sepeda Motor yg terpasangkan di setiap produk Sepeda Motor Mereka. Hal ini tentunya perlu diulas karena jika semakin banyak Masyarakat umum yg mengetahui tentang Fungsi Knalpot Sepeda Motor lebih jelas maka mereka akan mencoba menghargai Jenis Knalpot Sepeda Motor ini, paling tidak mereka tidak mengganti Jenis Knalpot Sepeda Motor yg sudah ada untuk dimodifikasi yg lebih aneh lg.
Desain saluran pembuangan dirancang untuk menyalurkan gas hasil pembakaran mesin ketempat yang aman bagi pengguna mesin. Gas hasil pembakaran umumnya panas, untuk itu saluran pembuangan harus tahan panas dan cepat melepaskan panas. Saluran pembuangan tidak boleh melewati atau berdekatan dengan material yang mudah terbakar atau mudah rusak karena panas. Meskipun tampak sederhana, desain sistem pembuangan cukup berpengaruh terhadap performa mesin.
Umumnya komponen dalam sistem pembuangan terdiri dari :
1. Kepala silinder, di mana pipa pembuangan dimulai, kecuali pada mesin dua langkah di mana saluran pembuangan ditempatkan dibagian bawah dinding silender.
2. Exhaust manifold atau exhaust header, di mana pipa dari beberapa ruang bakar/silinder bergabung.
3. Catalytic converter untuk menurunkan kadar gas beracun, CO, HC dan NOx
4. Knalpot, pipa untuk mengalirkan gas hasil pembakaran.
5. Peredam suara atau disebut juga muffler, yang berfungsi untuk meredam suara. Pada sepeda motor, peredam bunyi ada di dalam knalpot sedangkan pada mobil umumnya terlihat dengan jelas berupa tabung sebelum ujung pipa pembuangan
Kelebihan
kenalpot Racing
1. Tenaga yang otomatis terdongkrak, performa motor jadi lebih mantab baik diputaran bawah sampai atas (utamanya atas mantab banget bos.
2.
Sebagai speaker dari deru mesin 2 silinder yang terdengar merdu, apalagi waktu
rpm tinggi bikin ketagihan betot gas hehe.
3.
Suara yang keras bikin para pengendara motor lain waspada. Apalagi knalpot ini
kenceng banget suaranya jadi ya pasti pengendara motor lain waspada.
Kekurangan
Kenalpot Racing
1. Suara yang berisik bikin saya agak sungkan kalau naik motor. Nggak enak sama pengendara lain, apalagi sama tetangga kalau saya pas pulang malam.
2. Bisa
kena Pak Polisi kalau didaerah saya, soalnya ada oprasi zebra, musimnya razia.
Kelebihan
Kenalpot Standar
1. Suara yang kalem bikin nyaman riding karena nggak jadi perhatian waktu jalan (mau nggak mau kalau pakai knalpot racing pasti jadi pehatian soalnya kedengar suaranya dulu. Nggak sungkan sama pengendara lain dan terutama tetangga (maklum rumah di kampung mepet-mepet *nggak ada jarak antar rumah). Bisa ngobrol santai nggak perlu teriak-teriak kalau lagi bawa boncenger atau pas riding bareng teman.
2.
Bebas razia, asal nggak ngelanggar lalu lintas dan komponen lainnya lengkap ya
Kekurangan Kenalpot Standar
1. Tenaga yang berkurang dibandingkan dengan memakai knalpot racing.
Kekurangan Kenalpot Standar
1. Tenaga yang berkurang dibandingkan dengan memakai knalpot racing.
2. Deru
mesin silinder nggak kedengaran, bisa
kedengaran kalau motornya di dekatin itupun nggak merdu beda sama knalpot
racing.
3.
Karena knalpot standar yang kelewatan senyap jadi ya bikin
pengendara-pengendara lain nggak waspada apalagi body motor ini cukup besar.
Pernah kejadian waktu saya mendahului motor lewat jalur kanan. Pas saya tepat
di samping kanannya eh motornya ikut ke kanan juga mau nyalip pengendara
didepannya. Untung dari arah berlawanan sepi kendaraan coba kalau rame ya nggak
tau deh gimana.
KESIMPULAN
Dari
uraian diatas dapat disimpulkan bahwa untuk harian saya prefer ke knalpot
standar, karena kesannya nggak mendominasi dijalan dan emang lebih ramah di
telinga sendiri maupun pengendara lain. Tapi kalau pakai knalpot standar harus
lebih waspada, dikarenakan suara yang senyap pengendara lain kadang nggak aware
sama keberadaan kita. Untuk touring atau perjalanan jauh saya lebih prefer ke
knalpot racing, karena suaranya yang bikin waspada pengendara lain. Apalagi
musuhnya kan kendaraan-kendaraan besar gitu. Oh iya juga karena mendongkrak
power biar lebih responsif walaupun konsekuensi bakal lebih boros.
Nah
kalau mau pakai knalpot racing buat harian, cari saja knalpot racing yang nggak
terlalu berisik banyak kok. Jujur saya
sebagai pengendara bakal kesel kalau dengar suara knalpot yang berisik banget,
nggak enak didengar pula. Apalagi kalau naiknya ugal-ugalan.
NAMA : ALFIAN PRILIAMBODO
KELAS : 3IC08
NPM : 20414812
UNIVERSITAS GUNADARMA
Sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pembuangan
oto.detik.com
0 komentar: