ANALISA PERBANDINGAN ANTARA MOBIL JAZZ DAN MOBIL YARIS

ANALISA PERBANDINGAN ANTARA MOBIL JAZZ DAN MOBIL YARIS

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta  karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan metodologi ini yang Alhamdulillah tepat pada waktunya, yang berjudul “Analisa Perbandingan mobil jazz dan mobil yaris
       Diharapkan Metodologi ini dapat memberikan informasi dan menambah wawasan pengetahuan kepada kita semua tentang teknik mesin. Saya menyadari bahwa metodologi ini masih jauh dari sempurna, Sehubungan dengan hal ini, kritik dan saran dari para pembaca yang bersifat membangun tentu saya harapkan demi sempurnanya makalah ini.
       Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan metodologi ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah senantiasa Meridhoi segala usaha kita. AMIN.


TUJUAN PEMBUATAN METODOLOGI
1.  Agar kita bisa mengetahui perbandingan mobil jazz dan mobil yaris
2.  Menambah pengetahuan untuk kita dalam memahami mobil jazz dan mobil yaris
3. Agar kita  bisa mengetahuii kekurangan dan kelebihan dari mobil jazz dan mobil yaris

PEMBAHASAN

Mobil (kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani 'autos' (sendiri) dan Latin 'movére' (bergerak)) adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri. Jenis mobil termasuk bus, van, truk. Pengoperasian mobil disebut menyetir.
Kendaraan pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672. Ia mendesain mainan kendaraaan berukuran 65 cm untuk kerajaan Cina, yang tidak bisa membawa penumpang.[1][2][3] Tidak diketahui apakah model kendaraan yang dibuat Verbiest pernah diproduksi atau tidak.[2]
Honda Jazz adalah mobil hatchback 5 pintu produksi pabrikan otomotif Jepang Honda Motor Company. Mulai diperkenalkan pada tahun 2001 dan sekarang memasuki generasi keduanya. Nama Honda Jazz digunakan di Eropa, sebagian Asia, Australia, Oceania, Timur Tengah, dan Afrika. Di Jepang, China, dan Amerika, mobil ini dinamai Honda Fit. Sampai tahun 2007, telah terjual 2 juta unit Honda Jazz di seluruh dunia.
Mesin Tergantung dari wilayahnya, mesin Honda Jazz terbagi menjadi 1.2L, 1.3L (di Eropa menjadi 1.4L), 1.5L i-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition) bertenaga 64 kW (87 PS) @ 5.500 rpm dengan torsi 13,1 kgm (128 Nm) @ 2700 rpm atau 1.5L VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control) bertenaga 81 kW (110 PS) @ 5800 rpm dengan torsi 14,6 kgm (143 Nm) @ 4800 rpm . Semua mesin Honda Jazz sudah menggunakan injeksi. Mesin i-DSI mempunyai konfigurasi 8 valve, menggunakan 2 busi per silinder sehingga pembakaran lebih sempurna, akibatnya mesin lebih irit dan emisi berkurang. Mesin VTEC mempunyai konfigurasi 16 valve sehingga tenaga yang dikeluarkan maksimal di putaran mesin tinggi.

Untuk perbandingan karakter dari semua rangkaian mobil jazz dan mobil yaris dapat kita lihat ditabel berikut :

  JAZZ YARIS
Perbandingan dimensi eksterior    
panjang 3830 mm 3750 mm
lebar 1690 mm 1695 mm
Tinggi 1520 mm 1520 mm
jarak sumbu roda 2450 mm 2460 mm
jarak pijak depan 1456 mm 1470 mm
jarak pijak belakang 1446 mm 1460 mm
berat kosong 1060 kg 1035 kg
Turning Radius    
Radius putaran maksimum 4.9 m 4.7 m
Engine    
Spesifikasi mesin SOHC, VTEC DOHC, VVT-I
Bahan bakar    
bahan bakar minyak Premium TT Pertamax
Kapasitas maksimum    
Kapasitas Tangki BBM 42 Liter 42 Liter
Power dan Torsi    
Power Maksimal 110 PS/5500 RPM 109 PS/6000 RPM
Torsi Maksimal 143 Nm/4800 RPM 142 Nm/4200 RPM
Air bag    
Perlengkapan Air Bag Tidak Ada
Pengereman    
Perlengkapan Pengereman ABS Tidak Ada

Perbandingan bahan bakar jazz dan yaris
Honda Jazz
JAZZ iDSI paling boros 1:15 koma.. rata2 16-17an koma.. paling irit 22 koma.. kondisi real, penumpang rata2 2 orang, Ac on, radio On.. bensin premium, lari rata2 85-90an, oli mobil 1 10w40, tyre pressure 32 psi
Jazz VTEC 2005 1,5L SOHC VTEC 12/16 Valve: Dalam kota : 1 : 12/13 macet lancar semua jadi satu. 1 : 14/15 macet lancar campur tol dalem kota. Luar Kota : 1 : 17-18,5 tol campur jalan biasa pangteng di RPM 1,5-2,5 (x1000). Bahan bakar Pertamax, mesin standart, ban standart ring 15" lowering kit
Honda Jazz i-Dsi A/T (2007) - Premium Murni - AC - kadang ngebut kadang santai - kombinasi tol + dalkot, macet lampu merah. FC = ~1:12
jazz i-dsi 2006, dalam kota 1:10, luar kota 1:12

Toyota Yaris
toyota yaris : dalam kota 1:10 - 1:13, luar kota 1:17 - 1:18. rekomen sih pertamax|.. pake premium brebet|. ngga ada larinya|. lagian standar oktan untuk mobil2 vvti sekarang harus 90||. premium cmn 88 oktannya|
yaris at dalkot 1:8. rute rumah-kantor pp 3 km, tidak macet, full ac. ngisi bensin sebulan sekali pertamax
yaris manual kombinasi, 1:11 km. Metode perhitungan full tank, trus jalan beberapa kilometer, lalu full tank lagi, jumlah KM dibagi selisih full tank tersebut, sekian..
Toyota Yaris E 2008, FC = 1:11 (dalam kota), 1:14 (luar kota), 1:10 (kondisi macet biasa), 1:9 (kondisi macet luar biasa)
yaris E A/T 2009, dalkot: 1:11, lukot: 1:16, super econo drive di tol : 1:21, minuman: pertamax
yaris 2008 A/T pertamax 1:16

Perbandingan Harga

Kedua mobil ini memiliki keunggulan fitur masing-masing. Meskipun begitu, fitur-fitur yang umumnya terpasang pada mobil hachback seperti Air Bags, ABS, dan Immobilizer tetap melekat pada kedua jenis mobil ini. Selain itu, perbandingan yang ke dua adalah soal harga. Harga yang dibandrol untuk mobil Honda Jazz berkisar antara 199 juta sampai 249 juta rupiah. Harga pasti dari mobil ini tergantung pada tipe dan serinya. Sementara mobil Toyota Yaris memiliki penawaran harga sekitar 219 juta hingga 257 juta. Sama seperti Honda Jazz, untuk harga pastinya tergantung pada tipe dan seri mobil itu sendiri. Itulah beberapa perbandingan Honda Jazz dengan Toyota Yaris.
Sumber: www.mobilku.org
NAMA            : ALFIAN PRILIAMBODO
NPM               : 20414812
KELAS           :3IC08

UNIVERSITAS GUNADARMA

Minggu, 30 Oktober 2016

0 komentar:

Copyright © 2018 WELCOME BLOG ALFIAN PRILIAMBODO